Minggu, 09 Oktober 2011

piwulang makna sains fisika


1.       Hakikat  Besaran & satuan
Besaran yang diartikan dalam ilmu fisika adalah sesuatu yang dapat diukur dan memiliki nilai
Tujuh macam besaran pokok yakni : panjang, waktu,jumlah zat, massa, suhu, intensitas cahaya, kuat arus sistrik. Mereka saling memiliki sifat dan karakter, dijadikan sebagai acuan dalam melakukan pengukuran dan apa yang diukur, kesemuanya akan selelu ditemui dalam belajar fisika dari mulai nol sampai kalangan ilmuan. Besaran dan satuan ini diajarkan pada siswa diawal pelajaran.
Tabel dari tujuh besaran pokok

Besaran pokok
Satuan
Singkatan
Dimensi
Panjang
meter
m
L
Massa
kilogram
kg
M
Waktu
sekon
s
T
Suhu
kelvin
K
θ (teta)
Jumlah zat
mole
mol
N
Intensitas cahaya
kandela
cd
J
Arus listrik
ampere
A
I









                                                                                Modul fisika kls XI

Tujuh macam besaran ini merupakan variable yang dapat kita kenali didunia ini, mereka dijadikan kerangka acuan untuk mempersentasikan sesuatu.
seperti halnya ketika semasa kecil ditunjukan hurup dan angka oleh ibu kita, variable2 itu menjadi sebuah acuan bagi kita ketika harus berkomunikasi dengan sesama. Ya beberapa acuan sebagai tetenger atau pertanda sebagai mana Alloh telah memberikan tanda dan mengajarkan nama2nya  pada Adam ciptaan kesayanganya.
Metodologi ini telah diajarkan oleh Alloh pada Adam
Ketika pertama kali Alloh mencipta manusia pertamanya ini Dia mengajari dan menunjukan nama dan tanda-tanda disetiap benda yang ada dibumi dan langit agar Adam dapat mengatahui berbagaimacam variabel yang ia temui dalam perjalanan hidup didunia (langit dan bumi) contohnya : surga, neraka, cinta, dosa, dan kasih sayang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar